Monday, May 24, 2010

Sistem IT Perpustakaan

Ketua :
Adjie Bahari Zamzam
Anggota :
Kiki Irawan
Mirga Dian Ardinda
Rahmad Irfan
Tristianto Dawud

Yang perlu diperbaiki:
1. Garis asosiasi aktor - use case menggunakan garis biasa bukan tanda panah.
2. Nama use case menggunakan kata kerja bukan kata benda.
3. Garis asosiasi class diagram menggunakan komposisi (ketupat terisi) bukan tanda panah.
4. Garis inheritance class diagaram menggunakan segitiga kosong bukan tanda panah.
5. Tuliskan juga implementasi javanya.

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Tingginya budaya gemar membaca, mengakibatkan meningkatnya minat membaca. Minat membaca ditunjukan dengan keinginan yang kuat untuk melakukan kegiatan membaca. Untuk memenuhi kebutuhan kegiatan membaca tersebut, biasanya seseorang akan pergi ke suatu tempat yang menyediakan bahan bacaan yang dibutuhkan, salah satunya perpustakaan.

Dengan demikian, sebuah sistem informasi yang bisa mencakup hal tentanng perpustakaan yang disatukan dalam sebuah wadah sistem informasi layanan perpustakaan merupakan pilihan yang tepat untuk mengolah dan memanag sebuah perpustakaan.

Rumusan Masalah

Dalam sebuah perpustakaan, hal yang tepenting adalah sebuah layanan informasi yang

disediakan dan bagaimana pengolahan atau manajemen dari perpustakaan itu sendiri, baik itu terkait dengan anggota, buku, peminjaman, atau pengembalian sebuah buku.Salah satu bagian dari sebuah perpustakaan adalah bagaimana mengatur peminjaman dan pengembalian sebuak buku oleh anggota. Dengan demikian rumusan masalahnya adalah bagaimana mengatur atau mengelola pendaftaran anggota dan bagaimana proses anggota ketika login, mengganti password, atau melakukan peminjaman dan pengembalian sebuah buku.

Batasan Masalah

Hal yang menarik dan kebetulan hal itu menjadi hal yang sangat fenomenal dalam sebuah perpustakaan adalah bagaimana mengatur sebuah peminjaman dan pengembalian sebuah buku.

Dasar Teori

Class

* Digunakan untuk mendefinisikan tipe data baru

* Blueprint dari Object

Object

* Sebuah entitas yang memiliki state, behavior dan identity

* Contoh nyata dari sebuah class

* Dibuat pada saat class di-instantiate menggunakan keyword new

Attribut

* Elemen data dari sebuah object

* Menyimpan informasi tentang object

* Alias dari atribut : Data member, instance variable, property, data field

* Contoh: pada Sistem registrasi siswa

Method

* Menyatakan sifat dari sebuah object

* Disebut juga fungsi atau prosedur

Konstruktor

* Menyerupai method

* Untuk membuat dan menginisialisasi sebuah object baru

* Bukan merupakan anggota dari sebuah object

Package

* Pengelompokan class atau subpackage

* Fungsinya sama seperti direktori

Enkapsulasi : Suatu prinsip penyembunyian desain atau pengimplementasian informasi yang tidak sesuai pada object yang ada

Abstraksi : Mengabaikan aspek dari subjek yang tidak sesuai dengan tujuan yang ada supaya lebih banyak mengkonsentrasikan yang ada

Pewarisan

* Hubungan antara class dimana dalam satu class ada superclass atau class induk dari class yang lain

* Mengarah pada properi dan sifat yang diterima dari asalnya

* Dikenal juga dengan hubungan “is-a”

Polymorfisme

* “poly” berarti banyak sedangkan “morph” berarti bentuk

* Kemampuan dari sebuah object untuk membolehkan mengambil beberapa

bentuk yang berbeda

Interface

* Sebuah contract dalam bentuk kumpulan method dan deklarasi konstanta

* Mengimplementasikan janji pada class untuk mengikuti contract

Struktur Program Java

1. Mendeklarasikan class Java

2. Mendeklarasikan Attribut

3. Mendeklarasikan Metode

4. Mendeklarasikan konstruktor

5. Meng-instansiasi sebuah class

6. Mengakses anggota object

7. Package

8. Access Modifier

9. Enkapsulasi

Deskripsi Sistem

Secara garis besar, deskripsi untuk sistem layanan informasi perpustakaan terdiri dari :

Anggota.

Anggota merupakan seseorang yang telah terdaftar dalam bagian perpustakaan.

Peminjaman.

Peminjaman adalah proses sewa buku dalam jangka waktu tertentu dan dilakukan oleh

anggota yang telah terdaftar

Book.

Buku adalah inti dari sebuah perpustakaan. Informasi tentang buku sepenuhnya di input oleh

administrator. Data Buku bisa di akses oleh anggota

Pengembalian.

Proses pengembalian merupakan pengembalian buku oleh anggota yang telah meinjam buku.

Pada proses ini

Kebutuhan Data

Kebutuhan data dalam Perpustakaan yang diperlukan antara lain sebagai berikut :

    1. Anggota

Data-data yang dibutuhkan dalam anggota adalah id anggota, nama anggota, tanggal lahir, alamat, telepon, jenis kelamin, tanggal masuk.

Book

Data yang dibutuhkan adalah id buku, judul buku, pengarang, penerbit, tahun, kategori, lokasi, jumlah buku, lama peminjman buku, jumlah buku dipinjam.

    1. Peminjaman

Data yang dibutuhkan adalah No pinjam, id anggota, nama anggota, id buku, judul buku, pengarang, tanggal pinjam, lama pinjam, tanggal kembali, status.

    1. Pengembalian

Data yang dibutuhkan adalah No pinjam, id anggota, nama anggota, id buku, judul buku, pengarang, tanggal pinjam, lama pinjam, tanggal kembali, No Kembali, tanggal buku kembali, lama buku kembali, denda.

DESAIN SISTEM

Use Case Diagram

Diagram use case menyajikan interaksi antara use case dan aktor, dimana aktor dapat berupa orang, peralatan, atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem yang sedang dibangun.

Class Diagram

Class Diagram adalah diagram yang di gunakan untuk menampilkan beberapa kelas serta paket - paket yang ada dalam system / perangkat lunak yang sedang kitakembangkan.Peminjaman dan pengembalian buku dalam perpustakaan terdiri dari class anggota, class peminjaman, class pengembalian, dan class book.

Inheritence

Polymorphism

Sequence Diagram

SequenceDiagram adalah interaction diagram yang memperlihatkan event – event yang berurutan sepanjang berjalannya waktu.

Sequence Pendaftaran

Sequence Diagram Peminjaman Buku

Sequence Diagram Pengembalian Buku

Layout Program

Form Pendaftaran.

Form Login.

Form Add Buku.

Form Pencarian Buku.

Form Pengembalian.

PENUTUP

Kesimpulan

Beberapa kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian dan pembuatan software ini adalah :

  1. Dengan adanya program yang telah di buat dalam bahasa java dan di desain secara sederhana dapat memudahkan dalam interkasi manusia dan program yang dibuat.

  1. Rekayasa terhadap sebuah perangkat lunak yang akan diciptakan dapat membantu dan mengurangi kesalahan-kesalahan yang akan dilakukan oleh seseorang

Saran

Seiring perkembangn teknologi tentunya juga akan mempengaruhi terhadap sistem yang digunakan dalam sebuah perpustakaan, dan spesifikasi hardware atau software yang digunakan.

Harapan kami selanjutnya adalah bagaimana seseorang akan dapat mencari titik kelemahan dan kekurangan software ini dan men developsoftware ini

DAFTAR PUSTAKA

Adi Nugroho, “Rational Rose untuk Permodelan Berorientasi Objek”,INFORMATIKA.

Bambang Haryanto,Ir.,MT, “esensi - esensi bahasa pemograman Java edisi2”,INFORMATIKA.

Richard F. Raposa, “Java in 60 Minutes a Day”, Wiley Publishing

http://java.sun.com/docs/books/tutorial/java/TOC.html

No comments :

Post a Comment